Penerimaan CPNS no image

Published on July 29th, 2013 | by admincpns

0

Lima Skema Seleksi Penerimaan CPNS 2013

[corner-ad id=1]Setiawan Wangsaatmaja yang menjabat sebagai Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa tahun 2013 ini akan diberlakukan lima skema seleksi penerimaan CPNS.

Seleksi pertama dilakukan untuk tenaga honorer kategori 2, kemudian seleksi pelamar umum, seleksi formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi untuk calon siswa ikatan dinas.

Seperti kabar yang santer terdengar, untuk tahun ini, seleksi bagi honorer K2 mendapatkan perhatian yang cukup serius. Hal tersebut terungkap dalam rakor kebijakan seleksi CPNS 2013 di Balai Kartini (18/07), yang dihadiri lebih dari seribu peserta.

“Peserta wajib mengikuti tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang,” ujar Setiawan yang juga mengatakan bahwa seleksi untuk tenaga honorer K2 dilakukan secara tertulis dengan lembar jawaban computer (LJK).

Ditambahkan juga bahwa ada tiga tipe soal tes, yaitu tipe A (SLTP, SD), tipe B (SLTA, D1, D2 – D3/Sarjana Muda, dan tipe C, yakni untuk jenjang pendidikan D4, S1, S2, dan S3. Panitia Nasional Pengadaan CPNS yang dibantu oleh tim konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) akan bekerja untuk menyusun soal-soal TKD. Sementara itu, soal TKB akan disusun oleh instansi pembina masing-masing. Misalnya, untuk bidang kependidikan oleh Kemendikbud, untuk kesehatan oleh Kemenkes, bidang administrasi umum oleh BKN, dan selanjutnya.

Penentuan kelulusan bagi tenaga honorer K2, menurut Setiawan akan didasarkan pada nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Menteri PANRB. “Pengumuman hasil tes, baik TKD maupun TKB akan dilakukan oleh Menteri PANRB,” pungkasnya.

 

Terdapat di 540 Instansi

Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yulina Setiawati juga menambahkan bahwa hingga tanggal 16 Juli 2013, tenaga honorer yang sudah diproses di database sebanyak 613.919 orang. Dari jumlah tersebut, tenaga honorer K2 tersebar pada 32 instansi pusat sebanyak sebanyak 12% (72.054), sedangkan lainnya tersebar di 508 pemerintah provinsi dan juga kabupaten/kota sebanyak 88% (541.865).

 

Instansi yang Mengusulkan Penambahan TH2 Tidak sesuai Aplikasi (per 17 Juli 2013)

Penambahan CPNS 2013

Instansi Belum Melaporkan Hasil Uji Publik TH 2 (per 17 Juli 2013)

Daftar instansi seleksi CPNS 2013

Oleh karena itu, coba perhatikan materi utama untuk soal-soal CPNS yang ditawarkan. Jika memenuhi hal-hal diatas, maka penawaran yang diberikan pantas untuk dipertimbangkan sebagai produk yang harus dibeli. Apabila anda masih merasa kesulitan menentukan produk latihan soal-soal CPNS yang terbaik, anda dapat ke sini (E-Book Latihan Soal-Soal CPNS 2013) atau disini (Software Latihan Soal-Soal CPNS 2013 yang mirip system CAT CPNS).

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑